Renovasi Rumah, Tampil Beda Dengan Roster/Ventilation Block

Posting Komentar

Hai, sobat aleeya. Siapa nih yang lagi renovasi atau bangun rumah? Kali ini kita akan membahas tentang roster, atau yang biasa disebut ventilation block oleh orang-orang barat alias bule.

Roster Itu Apa Sih?

dinding roster
Roster adalah material bangunan yang digunakan untuk menciptakan ventilasi udara. Roster berbentuk balok seperti batu bata, hanya saja roster mempunyai lubang-lubang sebagai jalur sirkulasi udara. Karena fungsi dan bentuknya tersebut, roster juga dikenal sebagai lubang angin. 

Selain menjadi saluran ventilasi udara, roster pun banyak dipakai untuk membangun dinding sama halnya batu bata, batako, atau bata hebel.

Namun karena bentuk roster yang  berlubang-lubang, kamu harus bijaksana dalam menggunakannya. Biasanya roster hanya dipakai untuk membuat dinding yang bersifat dekoratif saja, seperti dinding taman, dinding pagar, diding teras, dinding lapisan dan sebagainya. 

Kegunaan Roster

Sebagai bahan pertimbangan, kamu perlu mengetahui manfaat/kelebihan dan kekurangan roster sebelum memutuskan untuk menggunakannya atau tidak.

1. Sebagai ventilasi udara

Fugnsi utama roster adalah sebagai jalur keluar-masuknnya udara. Lubang-lubang pada roster akan melancarkan sirkulasi udara di dalam rumah.

Jika sirkulasi udara di dalam rumah lancar, ruangan akan terasa sejuk.

2. Memudahkan cahaya matahari masuk

Selain melancarkan sirkulasi udara di dalam rumah, lubang-lubang pada roster juga akan memudahkan sinar matahari masuk.

Dengan adanya sinar matahari yang masuk, maka ruangan menjadi tidak lembab dan pengap. Namun, kamu juga harus memperhatikan arah sinar matahari sebelum memasangnya, karena sinar matahari yang masuk berlebihan akan membuat ruanganmu terasa panas. 

3. Hemat listrik

Rumah hemat energi adalah rumah yang penggunaan listriknya rendah, karena memanfaatkan pencahayaan alami serta ventilasi udara yang cukup banyak supaya ruangan tetap sejuk.

Dengan menggunakan roster, kamu tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari, dan tidak perlu menyalakan kipas angin karena sirkulasi udara yang baik dari roster. 

4. Sebagai dekorasi

Roster memiliki motif yang beragam dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya penggunaan roster pada bangunan gedung, kantor, tempat ibadah, hingga rumah.

Kekurangan Roster

Setiap benda pasti memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan roster adalah:

1. Privasi ruangan terbuka

Karena roster memiliki bentuk yang berlubang-lubang, maka secara otomatis ruangan di dalamnya bisa dilihat dari luar.

Kalau kamu ingin privasi tetap terjaga, kamu bisa menggunakan gorden tipis atau vitrase. Gorden tipis memungkinkan sinar matahari tetap masuk dan tetap mendapatkan privasi yang dibutuhkan. Namun, sirkulasi udara akan sedikit terhambat. 

2. Tidak bisa dijadikan dinding utama

Karena bentuknya yang memiliki banyak lubang, roster tidak bisa menahan beban atap. Maka dari itu, roster tidak bisa digunakas sebagai dinding utama.

Lagipula, privasi tetap dibutuhkan di dalam rumah, bukan? 

3. Harus dipasang oleh seorang ahli/yang berpengalaman

Roster tidak memiliki sistem penguncian saat disusun, maka lebih baik dipasang oleh seseorang yang sudah berpengalaman atau ahli. 

4. Harus memperhatikan arah sinar matahari

Roster tidak bisa digunakan di sembarang tempat, kamu harus melihat bagaimana kondisi sinar matahari di hunianmu.

Jika roster dipasang pada bagian rumah yang terkena sinar matahari secara langsung tanpa adanya penghalang, maka ruangan tersebut nantinya akan terasa sangat panas.

5. Memudahkan debu dan kotoran masuk ke rumah

Satu lagi kekurangan dari roster, yakni memudahkan debu dan kotoran dari luar untuk masuk ke dalam rumah. 

Jadi, penggunaan roster ini sangat tidak cocok untuk kamu yang memiliki rumah di sekitar tempat yang berpasir, atau tempat yang banyak polusi udara seperti di sekitar pengrajin kayu, atau di sekitar kawasan PLTU.

Berbagai Macam Jenis Roster Berdasarkan Bahan Baku

1. Roster beton

roster beton
Roster beton kini menjadi salah satu jenis roster yang banyak digunakan karena kokoh. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat rumah bergaya modern.

2. Roster GRC

roster grc
Roster GRC (glassfibre reinforced concrete) merupakan dinding roster modern yang bisa dibentuk dalam berbagai motif dan pola karena produksinya menggunakan mesin. 

3. Roster batako

roster batako
Roster batako sangat mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang terjangkau. Roster ini biasanya digunakan sebagai dekorasi eksterior dan warna abu-abunya sangat cocok untuk rumah bergaya industrial.

4. Roster tanah liat

roster tanah liat
Roster tanah liat memiliki warna cokelat yang khas, roster ini biasanya digunakan sebagai bagian dari pagar rumah, garasi, maupun teras.

Penggunaan roster tanah liat akan memberikan kesan etnik dan tradisional. 

5. Roster keramik

roster keramik
Roster keramik memiliki permukaan yang mengkilah dan memberikan kesan elegan. roster ini juga memiliki banyak pilihan motif, pola dan warna. Sayangnya, roster keramik cukup rentan pecah.

6. Roster kayu

roster  kayu
Roster kayu sangat cocok untuk kamu yang menyukain rumah dengan kesan natural. Roster ini juga akan menunjang dekorasi rumah yang menggunakan furniture kayu.

Kamu bisa menggunakannya sebagai partisi ruangan, maupun menggunakannya sebagai kombinasi dinding teras.

Pastikan kamu memilih roster yang berbahan kayu jati, ya! Karena kayu jati memiliki kualitas yang sangat baik dan tahan terhadap rayap dan cuaca.

Sabrina
Sabrina
I love myself

Related Posts

Posting Komentar