7 Hobi Yang Bisa Menghasilkan Uang

Posting Komentar

Hai, sobat aleeya. Pasti pada punya hobi kan? Melakukan aktivitas yang menjadi hobi kita pastinya sangat menyenangkan. Apalagi, kalau hobi yang kita jalani ternyata bisa menghasillkan uang. Lumayan kan... Buat tambahan uang jajan, tabungan, dan bebagai macam keperluan.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang hobi-hobi yang bisa mendatangkan rupiah, hingga dolar. Beberapa dari hobi-hobi ini pasti sering kamu lakukan, walaupun sebagai rutinitas biasa yang terkadang kamu tinggalkan.

Cuan Dari Hobi

Ada hobi yang menguras banyak uang, ada juga hobi yang bisa mendatangkan banyak uang. Apa saja itu?

1. Hobi masak

rekam video masak di depan kamera
Kamu suka masak? Selalu penasaran dan ingin mencoba resep baru? Nah, kalau kamu mau, kammu bisa memulai bisnis makanan kecil-kecilan dan mengembangkannya sambil menjalani hobimu.

Makanan adalah kebutuhan pokok yang akan selalu dicari orang setiap hari. Kamu bisa memulai langkah awal dengan menawarkan masakan spesialmu kepada tetangga atau menawarkan pre order melalui media sosial kamu.

Jika sudah mulai berkembang, kamu bisa mendaftarkan usahamu di platform online food seperti GoFood dan Grab Food.

Selain itu, kamu juga bisa berbagi tips memasak di youtube, loh. Jika nantinya memenuhi syarat tertentu dari youtube, kamu bisa menampilkan iklan pada videomu dan menghasilkan uang.

2. Hobi gambar/desain grafis

jisoo blackpink vector art by @ammar_alnta
Untuk kamu yang hobi menggambar atau desain grafis baik itu digital atau di kertas, peluang cuan juga terbuka lebar untukmu. 

Kamu bisa memanfaatkan instagram untuk memamerkan hasil karyamu. Jika karyamu disukai banyak orang dan followersmu kian bertambah, kemungkinan besar tawaran-tawaran endorse akan berdatangan.

Kamu juga bisa membuka jasa digitasl art seperti vector art, vexel, scribble,wpap, dan sebagainya. Digital art seperti itu sangat cocok sebagai kado, kamu bisa menawarkan jasa percetakan dan peembuatan bingkainya sekaligus. Jika dirasa terlalu berat, jasa digital art saja sudah bisa cuan banyak, kok.

Jika kamu lebih suka menggambar ilustrasi sederhana, kamu bisa membuat komik dan menguploadnya ke website-website komik digital seperi Webtoon.

Selain itu, untuk kamu yang suka bikin logo, kamu bisa cuan banyak loh. Jasa pembuatan logo memang terbilang cukup mahal, karena logo merupakan identitas sebuah brand dan akan terus dipakai oleh brand tersebut.

Kamu bisa bergabung ke situs-situs freelancer seperti Fiverr, Upwork, Sribulancer, dan lain-lain. Dari situs freelancer tersebut, kamu bisa menawarkan jasamu dan menghasilkan rupiah, hingga dolar.

3. Hobi edit video

video editing
Zaman sekarang, youtube sudah berkembang dan sangat diminati banyak orang. Bahkan banyak perusahaan dan artis yang ikut terjun ke dalam dunia per-youtube-an. 

Karena itu, banyak bermunculan lowongan pekerjaan untuk editing video youtube channel mereka.

Kamu juga bisa memulai channel youtube-mu sendiri loh. Untuk tema videonya mungkin bisa mengikuti hobimu yang lain, atau, kamu bisa berbagi tips dan trik editing video yang telah kamu kuasai.

Selain kedua hal di atas, kamu bisa bergabung ke situs freelancer. Banyak sekali orang di luar sana yang membutuhkan jasa editing video, entah itu video untuk iklan, profil sekolah, profil perusahaan, dan sebagainya.

Oh ya, kamu juga bisa mengikuti kontes/lomba film pendek loh.

4. Hobi fotogtafi

fotografi
Hobi fotografi juga tak kalah populer di masa sekarang. Apalagi, kamera smartphone masa kini sudah semakin bagus kualitasnya, bahkan ada yang hampir setara dengan kualitas kamera DSLR.

Buat kamu yang suka fotografi, kamu bisa memajang hasil karyamu di instagram dan mengumpulkan banyak followers. Nah, jumlah followers yang banyak ini nantinya akan mendatangkan tawaran-tawaran endorse untukmu.

Selain instagram, kamu juga bisa mengupload fotomu di Shutterstock, Freepik, dan situs-situs serupa, kamu bisa berjualan foto di situs tersebut.

Namun perlu di ingat, jika kamu menjual fotomu sebagai stock photo, foto tersebut jangan kamu upload di tempat lain (misalnya instagram) karena foto yang kamu jual harus eksklusif. 

Sama halnya jika kamu mengikuti lomba fotografi, foto yang kamu kirimkan harus eksklusif.

5. Hobi berkebun

berkebun
Selain membuat lingkungan rumahmu menjadi lebih segar dan nyaman dipandang, hobi berkebun juga bisa mendatangkan banyak uang, loh.

Kamu bisa mengembangkan bunga atau tanaman hias yang kamu miliki, cukup pecah/ambil bagian tanaman tersebut yang bisa ditanam, dan rawatlah hingga tanaman hias tersebut tumbuh dengan baik.

Kamu bisa melakukan proses ini ke beberapa tanaman sekaligus supaya tanaman hiasmu berkembang lebih banyak.

Nah, selain membuat halaman rumahmu menjadi lebih indah, tanaman-tanaman hias tersebut bisa kamu jual secara online melalui media sosial. 

Ngomong-ngomong, kamu juga bisa menanam sayur dan tanaman obat loh.

6. Hobi nulis

menulis artikel
Hobi menulis juga bisa mendatangkan cuan, loh. Salah satu platform terbaik yang bisa kamu manfaatkan adalah Wattpad. Di platform tersebut, kamu bisa menulis cerita-cerita pendek, bahkan novel.

Lebih hebatnya lagi, cerita original yang kamu buat berkemungkinan untuk diterbitkan dalam media cetak (buku novel), bahkan bisa diadaptasi menjadi tv series dan film. Tapi, pastinya hal itu membutuhkan perjuangan dan perjalanan cukup panjang.

Jika kamu kurang suka mengarang sebuah cerita, kamu bisa mendatangkan cuan dengan menjadi seorang copy writer. Tentunya banyak perusahaan di luar dana yang membutuhkan jasa ketik untuk berbagai kebutuhan.

Jika kamu lebih suka beropini atau menulis apapun yang kamu mau, kamu bisa menulis artikel dan mengirimkannya ke situs-situs bacaan seperti mojok.co atau kompasiana. Jika artikelmu terpilih, kamu akan diberikan fee untuk setiap artikel.

Jika kamu kurang suka berkompetisi, kamu bisa membuat dan menulis di blogmu sendiri. Walaupun perjuangannya lebih berat untuk sampai menghasilkan uang, tapi, minimal hobimu tetap berjalan, bukan?

Atau kamu bisa menulis dan mengirimkan artikel ke website-website di atas, kalau artikelmu ditolak, kamu bisa memindahkannya ke blog pribadimu. Bismillah, cuan!!!

7. Hobi main game

gaming
Yang terakhir di daftar ini, yakni hobi bermain game. Ya, selain menyenangkan, bermain game memang bisa menghasilkan uang. Namun tidak bisa sembarangan, ya.. Kamu harus benar-benar menekuni hobi tersebut jika ingin mengikuti kompetisi e-sport.

Selain mengikuti kompetisi e-sport, kamu juga bisa menghasilkan uang dengan bermain game melalui youtube. Buatlah konten gaming yang menarik sehingga channel youtube-mu ramai dan bisa menampilkan iklan.

Selain youtube, ada juga platform yang sangat terkenal di lakangan para gamer, yakni Twitch. Kamu bisa bermain game sambil live streaming di platform tersebut dan biasanya sebagian penonton akan memberikan dukungan berupa donasi dalam berbagai jumlah.

Nah, itu dia 7 hobi yang menguntungkan. Pastinya masih ada banyak hobi yang berpotensi mendatangkan cuan, seperti bermain musik, pelihara burung, menari, dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu cermat mencari kesempatan untuk mendatangkan pundi-pundi uang dari hobimu.

Sabrina
Sabrina
I love myself

Related Posts

Posting Komentar