Tempat Wisata di Jogja yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Posting Komentar

Hai, sobat aleeya. Sepertinya aktivitas di luar rumah sudah mulai ramai kembali kan ya? Kalau ada kesempatan jalan-jalan atau liburan, pasti mau dong, wisata ke mana gitu? 

Kali ini kita akan jalan-jalan virtual di Jogja (bukan jalan-jalan sih, cuma lihat-lihat saja. wkwk). Namun sebelum itu, kamu harus mempersiapkan beberapa hal sebelum melakukan perjalanan wisata.

Hal Penting yang Wajib Disiapkan Sebelum Berwisata

Mendengar kata wisata, pasti yang kamu pikirkan adalah liburan ke pantai, gunung, dan segala aktivitas rekreasi yang menyenangkan.

Pastinya kamu tidak mau liburanmu tidak berjalan sesuai rencana, kan? Seperti lupa membawa dokumen penting, sakit, atau tidak bisa menikmati liburan dengan nyaman karena cuaca yang tidak bersahabat.

Nah, supaya liburanmu bisa berjalan sesuai ekspektasi, maka ada beberapa hal yang wajib kamu persiapkan. Misalnya, kamu perlu menentukan tanggal dan tujuan wisata dengan matang. Periksa prakiraan cuaca dan ketersediaan tiket. 

Kamu juga harus mempersiapkan dompet khusus untuk dokumen perjalanan seperti kartu vaksin, surat perjalanan, dan sebagainya. Selain itu, siapkan juga koper atau tas ransel dan daftar barang bawaan yang akan kamu bawa.

Contoh barang yang wajib kamu bawa adalah obat pribadi, sabun muka, sikat gigi, baju ganti, power bank, dan uang tunai.

Tempat Wisata Hits Instagrammable di Jogja yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Biasanya, orang-orang mengaitkan tempat wisata di Jogja denga Malioboro, Kraton Yogyakarta, Candi Prambanan, dan Pantai Parangtritis. Sebenarnya masih ada banyak tempat wisata di Jogja, loh. Beberapa di antaranya: 

1. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu terletak di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum ini menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan zaman Dinasti Mataram beserta koleksi berbagai macam batik. 

Berkunjung ke Museum Ullen Sentalu akan menambah wawasan kalian mengenai sejarah kebudayaan Jawa.

Ngomong-ngomong, museum ini memiliki arsitektur yang sangat unik, terdapat undakan, kelokan dan labirin pada jalan masuk ke dalam museum yang menuju ke salah satu ruang pameran yang berada di bawah tanah.

2. Goa Jomblang

Goa Jomblang
Goa Jomblang merupakan goa vertikal bertipe collapse doline. Goa ini terbentuk akibat proses geologi amblasnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. 

Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran sedalam 60 meter yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. 

Tempat ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu cahaya yang menembus lubang goa (dikenal dengan sebutan Cahaya Surga). Kalian bisa menikmatinya dari jam 10 pagi hingga jam 12 siang.

Goa ini pernah dijadikan lokasi syuting acara tv Amerika loh, The Amazing Race.

3. Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo menjadi salah satu kawasan wisata yang lumayan populer. Selain menjadi konservasi alam, tempat ini juga menjadi destinasi wisata.

Terdapat juga beberapa replika atau miniatur bangunan-bangunan terkenal dunia seperti Menara Eiffel, Burj al-Arab, Pura, dll.

4. Tebing Breksi

Tebing Breksi
Tempat ini dulunya adalah bekas tambang kapur, sekarang Tebing Breksi diolah menjadi salah satu tujuan wisata di Jogja yang termasuk unik. 

Kamu bisa menemukan banyak spot foto yang unik dan indah untuk yang pastinya instagammable. Kalau mau berkunjung ke tebing ini, sebaiknya kamu datang saat pagi atau sore hari, agar suasananya lebih indah.

5. Pantai Siung

Pantai Siung Jogja
Pantai siung adalah pantai di Jogja yang memiliki ciri khas gugusan karang yang membentang luas. Kamu bisa menemukan bebatuan karanng dengan bentuk eksotis dan khas di sepanjang pantai ini. 

Saat sunset, bebatuan karang di pantai ini akan memberikan suasana yang sangat indah. Worth it banget buat dikunjungi.

Selain pemandangannya yang indah, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru di area pantai ini loh, seperti camping, naik ke atas bukit, berenang, dll.

6. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger
Hutan pinus pengger ini terletak di pinggiran kota area Jogja, kamu bisa memanjakan mata dengan keindahan hutan pinus serta menikmati udara yang segar.

Di hutan pinus ini terdapat banyak spot foto unik yang sangat keren. Selain itu, kamu juga bisa camping di area hutan pinus ini.

7. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung
Mungkin belum banyak yang mengenal tempat ini. Meskipun begitu, bukit panguk kediwung memiliki panorama yang sangat indah. 

Kalau kamu sedang berburu sunrise di Jogja, bukit panguk kediwung ini sangat recommended. Kamu bisa menikmati lautan awan yang menawan saat matahari terbit.

Selain itu, di bukit ini juga terdapat banyak spot foto menarik loh.

8. Pantai Jogan

Pantai Jogan
Lokasi pantai jogan tidak jauh dari pantai siung, jadi kamu bisa sekalian mampir ke sini dari pantai siung. 

Pantai jogan memiliki ciri khas tersendiri dari pantai-pantai lainnya, yaitu air tejun di bibir pantai. Kamu bisa menikmati keindahan air terjun dan pantai sekaligus.

9. Pantai Greweng

Pantai Greweng Jogja

Pantai greweng dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau serta memiliki nuansa alam yang indah. Bagi kamu yang suka camping, pantai ini cocok banget nih..

10. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal
Taman Sungai Mudal adalah kawasan ekowisata di Jogja yang masih terbilang alami. Aliran sungai dan air terjun yang berasal dari mudal (mata air yang berasal dari goa) menjadi daya tarik tempat ini. 

Di sini, kamu bisa hiking, berenang di kolam alami, dan melakukan aktifitas outdoor lainnya.

Nah, jadi gimana sobat? Tertarik untuk berlibur ke Jogja? 

Sabrina
Sabrina
I love myself

Related Posts

Posting Komentar