Tips Memulai Usaha Rumahan

Posting Komentar

usaha kecil-kecilan
Hai, sobat aleeya. Pernahkan kamu kepikiran untuk memulai usaha kecil-kecilan di rumah? Selain mendapatkan tambahan penghasilan, kamu juga menghabiskan waktumu untuk hal positif yang menguntungkan.

Usaha rumahan tidak bisa diremehkan, sudah banyak orang yang sukses dari bisnis rumahan dan meraup penghasilan hingga jutaan rupiah per bulan.

Bisnis rumahanmu juga berpeluang membantu orang-orang di sekitar rumahmu, loh. Misalnya berjualan pulsa elektrik dan paket internet. 

Kalau kamu tinggal di dekat area kost-kostan atau kontrakan yang banyak pemuda rantau, kamu bisa membuka jasa laundry kiloan atau warung makan.

Tips Memulai Bisnis Rumahan

Dengan menjalankan bisnis rumahan, akan ada banyak manfaat yang kamu dapatkan. Namun sebelum memulai usaha tersebut, alangkah baiknya kamu mengamati hal-hal berikut ini.

1. Pelajari Pengelolaan Administrasi yang Baik

Walaupun usaha kecil-kecilan, kamu tetap harus mengelola uang usahamu dengan baik. Pengelolaan administrasi yang baik akan menunjang berjalannya usahmu kedepannya.

Yang terpenting adalah, jangan mencampurkan uang pribadi dan uang untuk keperluan usaha. Dengan pengelolaan yang teratur, usaha kecil-kecilanmu akan berjalan dengan lancar dan berkembang.

2. Menentukan Usaha yang Sesuai Passion

Jadikan passionmu sebagai acuan bisnis, karena bisnis tanpa passion sama saja menuju jurang kegagalan. Jangan menbangun bisnis hanya karena uang, itu malah akan membebanimu.

Membangun sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Namun hal tersebut bisa terasa lebih ringan jika kamu menbangun bisnis sesuai dengan passionmu karena kamu benar-benar menyukai apa yang kamu lakukan.

Jika kamu suka memasak, buatlah usaha di bidang kuliner. Jika kamu suka berkebun, kembangkan tanamanmu dan kamu bisa berjualan tanaman hias.

Intinya, pilihlah usaha yang membuatmu bahagia dan tidak membebanimu.

3. Tentukan Visi dan Misi

Dengan visi dan misi yang baik, kamu bisa menentukan arah dan tujuan dari usaha yang kamu mulai. Kamu perlu menetapkan target supaya bisnismu terus berkembang.

Jika kamu menyepelekan hal ini, besar kemungkinan bisnismu akan gagal karena tidak memiliki tujuan yang jelas sehingga sulit untuk berkembamg.

4. Hitung Kebutuhan Modal

Setiap usaha pasti memerlukan modal. Sebelum mulai menjalankan usaha, kamu perlu menghitung berapa modal yang kamu butuhkan untuk menjalankan usaha tersebut, sudahkah tabunganmu cukup atau belum.

Jika tabunganmu belum cukup, kamu bisa berhemat dengan tidak membeli barang-barang yang tidak terlalu kamu butuhkan dan menghindari melakukan hal-hal yang tidak terlalu penting.

Jika kamu memerlukan tempat untuk menjalankan usahamu, kamu bisa memulainya di halaman rumah atau garasi untuk menghemat pengeluaran.

5. Menentukan Waktu yang Tepat

Supaya bisnismu tidak berhenti di tengah jalan, kamu harus melakukan perencanaan yang matang. Salah satunya adalah kapan bisnis tersebut mulai kamu jalankan.

Jika kamu langsung menjalankannya tanpa ppengamatan yang baik, bisa-bisa bisnismu sepi dan berujung gagal. Kan sayang uang modal yang sudah kamu kumpulkan.

Misalnya kamu ingin berjualan kue di rumah, kamu bisa memulainya saat menjelang bulan ramadhan. Contoh lain, warung makan seblak akan lebih laris saat musim hujan.

6. Pakai Strategi Promosi yang Tepat

Promosi adalah salah satu hal penting untuk mengenalkan bisnismu ke banyak orang. Dengan promosi, kamu akan menarik banyak pelanggan.

Tentukan terlebih dahulu target siapa saja yang harus melihat promosi bisnismu, anak muda kah? ibu-ibu kah? 

Pastikan juga target audiens promosimu adalah orang-orang yang berada di wilayah kota yang sama denganmu, kecuali jika bisnis yang kamu jalani adalah bisnis online.

Kamu bisa mencoba promosi berbayar menggunakan Facebook Ads atau Google Ads untuk jangkauan audiens yang lebih baik.

Selain itu, kamu bisa menggunakan akun media sosialmu untuk melakukan promosi secara gratis.

7. Jangan Takut Gagal

Takut akan kegagalan adalah hal yang harus kamu hindari saat membangun sebuah usaha. Perasaan itu akan menghantuimu dan menjadi beban dalam setiap keputusan yang kamu ambil.

Bankitkanlah mental pemenang dalam dirimu, yakinlah bahwa kamu memiliki semua hal yang dibutuhkan untuk menjadikan usahamu sukses.

Nah, itulah tips-tips memulai usaha rumahan yang bisa kamu lakukan sebelum membangun usaha atau bisnismu sendiri di rumah. Jangan langsung memilirkan penghasilan di awal, karena semuanya butuh proses.

Sabrina
Sabrina
I love myself

Related Posts

Posting Komentar