Cara Menabung Mudah Untuk Anak Kost

Posting Komentar

menyisihkan uang
Hai, sobat aleeya. Pernah ngerasain jadi anak kost nggak sih? Mungkin kamu yang sedang kuliah atau merantau ke luar kota sedang merasakannya.

Jadi, gimana keuangan kalian selama tinggal di kost-kostan? Tabungan kalian ada, nggak? Apakah tiap tanggal tua harus makan mie instan atau nasi kecap?

Nah, kali ini kita akan belajar cara menabung mudah untuk anak kost supaya uang bulanan cukup, bahkan bisa lebih.

Manfaat Menabung

Pada dasarnya, menabung adalah kesadaran diri untuk menyisihkan uang dan menyimpannya untuk berbagai keperluan di masa mendatang. 

Menabung adalah salah satu hal yang harus dibiasakan sejak kecil. Walau terkadang, menabung memang terasa sangat berat dan banyak orang yang lupa akan pentingnya menabung. Berikut ini adalah beberapa manfaat menabung:

1. Simpanan dana darurat

Ada kalanya terjadi hal tak terduga dalam hidup. Hal tak terduga (yang negatif) ini bisa menyulitkanmu jika tidak memiliki dana darurat. 

Misalnya, laptop ketumpahan susu, kopi, atau air yang lainnya saat tanggal tua. Jika laptopmu rusak, mau tidak mau kamu harus membawanya ke tempat servis dan mengeluarkan biaya untuk perbaikan laptop tersebut. 

Jika uang bulananmu tidak kamu sisihkan untuk kebutuhan darurat, kamu mau bayar pakai uang dari mana? Berhutang? Cari pinjaman online? Lebih baik punya uang simpanan unuk dana darurat, kan?

2. Untuk kebutuhan di masa mendatang

Kamu bisa merencanakan sesuatu seperti melakukan kegiatan atau membeli barang yang kamu impikan. 

Misalnya kamu ingin leburan ke suatu tempat, maka kamu harus mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan liburan tersebut, salah satunya adalah keuangan.

Tidak mungkin kamu pergi liburan saat keuanganmu sedang menipis, kan? Nah, kamu bisa mempersiapkannya dengan menabung sambil mempersiapkan barang-barang yang harus kamu bawa.

3. Pengelolaan keuangan yang sehat

Dengan menabung, artinya kamu bisa mengelola keuanganmu dengan baik. Jika tidak memiliki tabungan, keuanganmu bisa naik-turun tak menemtu.

Misalnya terjadi hal tak terduga seperti contoh di atas, namun kamu masih memiliki sisa uang untuk keperluan rutin mu. Kamu bisa menggunakan sisa uang tersebut, namun keperluan rutinmu akan terganggu.

Dengan memiliki tabungan, maka kamu bisa menghadapi hal tak terduga tanpa harus mengorbankan uang untuk keperluan rutin mu.

Cara Menabung Mudah Untuk Anak Kost

Anak kost harus bisa mengelola keuangan supaya tidak sengsara di akhir bulan atau tanggal tua. Baik yang masih mengandalkan uang bulanan dari orang tua, ataupun yang sudah bekerja.

Aku pernah ketemu anak kost yang merantau dan bekerja dengan gaji yang cukup tinggi. Namun karena sifat konsumtifnya, dia sampai lupa kalau masih punya tanggungan cicilan dan terpaksa berhutang ke temannya.

Untuk menghindari hal tersebut, yuk simak beberapa cara menabung yang mudah untuk anak kost...

1. Kumpulkan uang receh

Yang pertama, jangan pernah remehkan uang receh. Siapkan atau buatlah tempat khusus untuk menyimpan uang receh, dan kamu bisa mengumpulkan uang receh yang ada di saku celana, tas, dompet, dan lain sebagainya. 

Kamu pasti pernah dengar berita tentang orang yang beli hp pakai uang receh, kah? Sesuai kata pepatah. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

Memang membutuhkan waktu yang lama, tapi tidak ada ruginya untuk tilakukan. Kamu juga bisa merasakan hasilnya dalam jangka waktu yang dekat loh, seperti membeli makanan di akhir bulan.

2. Tabung uang kertas terkecil

Setiap hari sebelum tidur, carilah uang kertas terkecil yang ada di dalam dompetmu, kemudian tabung uang tersebut.

Setelah berkegiatan seharian di luar, pastinya kamu mempunyai sisa uang kembalian setelah berbelanja sesuatu. Kamu bisa menabungnya, namun supaya tidak terlalu berat, tabunglah uang kertas terkecil saja.

Misal uang kertas terkecil di dompetmu adalah uang Rp.1000, maka yang perlu kamu tabung pada hari itu adalah Rp.1000.

Misal uang kertas terkecil di dompetmu adalah uang Rp.5000, maka yang perlu kamu tabung pada hari itu adalah Rp.5000.

Dengan cara ini, kamu bisa mengumpulkan uang minimal 30 ribu, bahkan hingga ratusan ribu per bulan.

3. Save 20 (tabung 20.000)

Cara yang ketiga ini lumayan berat, tapi manfaatnya sangat luar biasa. Kamu hanya perlu menabung uang kertas 20 ribu saja. 

Misalkan kamu baru saja mengambil uang di ATM dan menggunakannya untuk berbelanja, jika terdapat uang kertas 20 ribu pada kembalian yang kamu terima, tabunglah uang 20 ribu tersebut minimal 1 lmbar.

Hari berikutnya, jika kamu mendapat kembalian uang 20 ribu lagi, tabung lagi uang tersebut. Jika tidak ada uang 20 ribu, kamu bisa skip menabung pada hari itu.

Tentunya kamu tidak akan menjumpai uang kertas 20 ribu setiap hari, jadi dana untuk kebutuhan utama mu tidak akan terganggu, tentunya dengan perencanaan pengeeluaran yang tepat.

Nah, itu dia beberapa tips menabung mudah untuk anak kost. Salam anak kost, dan jangan lupa menabung, ya!

Sabrina
Sabrina
I love myself

Related Posts

Posting Komentar