Ide Bisnis Rumahan yang Nggak Ada Matinya

Posting Komentar

ide bisnis rumahan 2022
Hai, sobat aleeya. Setelah membahas tips-tips memulai usaha rumahan, sekarang waktunya untuk membahas tentang ide-ide bisnis yang bisa kamu jalankan dari rumah.

Ide Bisnis yang Menguntungkan di Tahun 2022

Penasaran apa saja bisnis yang bisa bertahan untuk jangka waktu yang panjang kedepannya?

1. Warung Sembako

Usaha warung sembako nggak bakal ada matinya, karena masyarakat selalu membutuhkan bahan pokok seperti beras, gula, telur, minyak, bumbu dapur, sabun, dan sebagainya.

Kamu bisa memanfaatkan ruang depan di rumahmu yang jarang terpakai untuk dijadikan bisnis warung sembako, atau membuat kios khusus di tempat yang strategis.

Kalau kamu bisa mengelolanya dengan baik, tentu usaha warung sembako bisa sangat menjanjikan.

2. Coffee Shop

Bisnis coffee shop atau warung kopi sedang banyak diminati oleh kalangan anak muda hingga orang dewasa yang cukup gaul. Tak heran, banyak coffee shop yang bermunculan belakangan ini.

Semenjak pandemi covid-19 agak mereda dan dibukanya kembali aktivitas umum, masih banyak kantor dan sekolah atau kampus yang menerapkan sistem work from home dan sekolah online. Coffee shop pun menjadi salah satu tempat yang cocok untuk mengerjakan tugas-tugas online tersebut.

Kamu bisa membuka usaha warung kopi di rumahmu, terutama jika kamu memiliki halaman rumah yang cukup luas.

Tentukanlah tema atau konsep coffee shopmu, misalkan suasana tenang untuk mengerjakan tugas-tugas online atau suasana hangat yang cocok untuk nongkrong dan bersantai bersama teman.

3. Catering

Untuk kamu yang hobi masak, selain usaha warung makan, usaha catering juga cukup menjanjikan, loh. Kamu bisa memulai usaha catering snack box, catering hajatan, catering kantoran, catering nikahan, dan sebagainya.

Usaha catering ini bisa kamu lakukan di rumah saja dengan menyiapkan sebuah ruangan khusus yang akan kamu gunakan untuk memasak.

4. Jasa Menjahit

Usaha menjahit juga nggak akan ada matinya, karena pakaian adalah kebutuhan primer yang selalu dibutuhkan oleh manusia.

Bisnis ini bisa kamu lakukan di rumah, dan jika kedepannya bisnismu berkembang, kamu bahkan bisa membuka konveksi juga.

Jika kamu mempunyai bakat sebagai desainer busana, itu akan sangat menguntungkanmu karena kamu bisa berkreasi membuat model-model pakaian baru dan tidak melulu harus meniru model yang sudah ada.

Kamu bahkan bisa menjual baju-baju hasil karyamu di marketplace online, loh. Dengan begitu, bisnismu akan lebih dikenal banyak orang dan menghasilkan lebih banyak uang.

5. Jualan Token Listrik, Pulsa & Paket Data, Hingga Top Up Game

Pulsa dan token listrik pasti selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Walaupun manusia bisa hidup tanpa hal tersebut, namun pulsa dan token listrik sudah seperti bagian dari kebutuhan pokok di era modern ini.

Kamu bisa memanfaatkannya untuk menjadi peluang bisnis, untuk memulainya, kamu bisa menggunakan aplikasi jualan pulsa dan token listrik seperti payfazz, hingga menjadi mitra tokopedia.

Bisnis ini juga bisa menjadi sampingan untuk kamu yang sudah menjalani usaha warung sembako. Pelanggan warung sembako mu kemungkinan besar akan membeli pulsa atau token listrik juga.

Kamu juga bisa membuka bisnis topup game online, loh. Walaupun terdengar sepele, namun bisnis ini cukup menggiurkan, apalagi dengan maraknya turnamen-turnamen atau e-sport yang diselenggarakan mulai dari lingkup sekolah, hingga nasional.

6. Jualan Gorengan atau Cemilan

Satu lagi bisnis yang terlihat sepele, namun memiliki penghasilan yang menggiurkan. Ya, jualan gorengan di pinggir jalan atau di depan mini market.

Kalau rumahmu berada di pinggir jalan yang cukup ramai, kamu bisa berjualan di depan rumah. Orang-orang yang melewati jalan tersebut kemungkinan akan mampir dan membeli jualanmu. 

Memang usaha ini membutuhkan kesabaran, namun bisa menghasilkan belasan hingga puluhan juta rupiah jika bisnismu sudah dikenal banyak orang dan banyak yang mampir membeli jualanmu.

7. Jasa Laundry Kiloan

Kalau rumahmu berada di dekat kawasan pabrik dan banyak kontrakan atau kost-kostan, usaha laundry kiloan adalah salah satu bisnis yang menguntungkan untukmu.

Biasanya, sebuah pabrik memiliki banyak pekerja rantau dari luar kota yang tinggal sendiri di kost atau rumah kontrakan. 

Anak muda (terutama para lelaki) cenderung malas cuci baju sendiri dan lebih mengandalkan jasa laundry kiloan. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka usaha laundry.

8. Budidaya Tanaman Hias

Kamu hobi berkebun? Selain membuat lingkungan rumahmu menjadi lebih segar dan nyaman dipandang, hobi berkebun juga bisa mendatangkan banyak uang, loh. Contohnya melalui budidaya tanaman hias.

Ada beberapa tanaman hias dengan harga yang cukup mahal, salah satu yang tak pernah terlupakan adalah bonsai. 

Bonsai merupakan tanaman yang dikerdilkan dan biasanya ditanam di pot sehingga menghasilkan tanaman hias seperti miniatur pohon dengan bentuk yang unik.

Selain bonsai, banyak juga tanaman hias lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai peluang usaha.

9. Pertamini

Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki rumah di pinggir jalan yang ramai atau area yang jauh dari pom bensin.

Daripada berjualan bensin eceran, pertamini memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

10. Jasa Percetakan

Kalau rumahmu berada di dekat area kampus, percetakan adalah salah satu usaha yang tepat untukmu. Kamu bisa memulainya dari percetakan yang basic seperti fotocopy dan printing, yang pastinya sangat dibutuhkan mahasiswa dalam membuat makalah, proposal, dan sebagainya.

Tak hanya mahasiswa, orang-orang pada umumnya juga memerlukan jasa percetakan seperti mencetak undangan hajatan, fotocopy dokumen, dan sebagainya.

Jika bisnismu sudah berkembang, kamu bisa melengkapinya dengan jasa percetakan yang lebih lengkap seperti cetak banner, flyer, dan lain-lain.

Nah, itulah ide bisnis yang nggak ada matinya. At least, bisnis tersebut akan terus dibutuhkan oleh banyak orang dalam jangka panjang untuk kedepannya. 

Sabrina
Sabrina
I love myself

Related Posts

Posting Komentar