Manfaat Hidup Hemat dan Sederhana yang Bisa Kamu Rasakan

Posting Komentar

manfaat hidup hemat dan pengelolaan keuangan yang baik
Hai, sobat aleeya. Siapa yang suka berhemat? Berhemat bukan berarti hidup dalam kemiskinan, melainkan bertujuan untuk mengutamakan pemenuhan kebutuhan primer. 

Jika seluruh kebutuhan primer atau kebutuhan pokok sudah terpenuhi, barulah kamu bisa menikmati hal-hal yang kamu inginkan tanpa membebani pikiranmu terkait masalah keuangan.

9 Manfaat Hidup Hemat

Nah, kali ini kita akan membahas 9 manfaat yang akan kamu rasakan jika menerapkan gaya hidup hemat.

1. Terhindar dari Hutang

Dengan menerapkan gaya hidup hemat, pastinya kamu telah menyusun rencana keuangan yang tepat untuk kebutuhan harianmu.

Dengan mengalokasikan sejumlah uang sesuai kebutuhan, kamu sudah mencegah masalah keuangan yang akan timbul. 

Misalnya kekurangan uang, tidak siap deengan pengeluaran akibat hal mendesak, dan sebagainya. Minimnya masalah keuangan akan membuatmu terhindar dari hutang.

2. Tidak Mudah Tergoda

Dengan hidup hemat, kamu akan terbiasa mengabaikan hal-hal yang tidak terlalu kamu butuhkan, walaupun itu menyenangkan.

Biasanya, banyak orang tergoda dengan barang-barang mewah yang bisa dicicil dan langsung mengambilnya tanpa memikirkannya matang-matang.

Trend fashion dan kuliner pun juga kerap kali menjadi godaan yang berat, dan tanpa disadari, hal tersebut sebenarnya hanya untuk memuaskan kesenangan sementara.

Jadi, dengan menerapkan gaya hidup hemat, kamu bisa terhindar dari pemborosan yang berujung penyesalan.

3. Melatih Hidup Minimalis

Ketika sudah terbiasa dengan gaya hidup hemat, kamu akan mulai mengenal gaya hidup minimalis. Gaya hidup minimalis adalah gaya hidup yang mengutamakan kesederhanaan, kamu membutuhkan sesuatu secukupnya saja.

Misalnya rumah, rumah minimalis ataurumah modern cenderung memiliki ruangan yang tidak terlalu luas, karena kebanyakan orang di zaman sekarang menghabiskan lebih banyak waktunya di luar rumah.

Jadi, rumah hanyalah sebagai tempat beristirahat sementara dari hiruk pikuk dunia pekerjaan dan aktivitas harian yang kamu jalani.

Di berbagai negara, gaya hidup minimalis sudah menjadi trend karena memberikan manfaat yang cakupannya lebih luas.

4. Mencegah Stress

Hidup hemat juga berpengaruh baik terhadap kesehatan mentalmu, dalam hal ini mencegah stress. Dengan berhemat, kamu tidak akan terlalu banyak memikirkan masalah terkait uangmu cukup atau tidak, dan masalah-masalah serupa.

Contohnya jika kamu hedon atau hidup boros, kamu akan merasakan beban hidup yang lebih banyak karena kamu harus mencukupi segala keinginanmu yang belum terpenuhi.

Padahal, keinginan-keinginan tersebut belum tentu merupakan kebutuhan pokok, melainkan untuk memuaskan kesenanganmu sementara.

5. Lebih Bertanggung Jawab

Gaya hidup hemat juga bisa mengajarkanmu untuk lebih bertanggung jawab dan bijak dalam setiap keputusan yang kamu ambil.

Misalnya saat membeli sebuah barang, kamu harus memastikan apakah barang tersebut kedepannya akan benar-benar berguna untukmu atau tidak. 

Contoh lain saat kamu baru saja gajian dan melihat banyak promo-promo menarik di online shop. Walaupun berbelanja menggunakan promo terlihat menguntungkan bagimu, namun uangmu akan tetap terbuang sia-sia jika barang yang kamu beli tidak terlalu bermanfaat untukmu, bukan?

6. Paham Skala Priorotas

Skala prioritas sangatlah penting untuk mengelola keuangan. Dengan menerapkan gaya hidup hemat, kamu akan mulai paham dan berhati-hati dengan mengutamakan kebutuhan dibanding keinginan. 

Dengan demikian, pengelolaan keuanganmu akan menjadi lebih baik dan kamu lebih yakin dalam menemtukan hal apa yang harus didahulukan.

Dengan memprioritaskan kebutuhan, semisal uangmu sisa sedikit dan tidak bisa mencukupi keinginan (misalnya pergi berlibur/wisata), itu bukanlah masalah besar untukmu. 

Namun jika salah memprioritaskan kebutuhan dan keinginan, misalnya lebih mengedepankan liburan, kebutuhan primer mu akan terancam tidak terpenuhi dan membuatmu terpaksa berhutang.

7. Kebebasan Finansial

Kebebasan finansial adalah keadaan ketika kamu bisa memenuhi keinginanmu tanpa harus bekerja keras banting tulang mencari uang tambahan.

Dengan kata lain, dengan gaya hidup hemat, kamu bisa menyisihkan sebagian uangmu untuk berinvestasi dan mendapatkan penghasilkan pasif.

Jadi, anggapan "gaji berapapun tidak akan cukup" tidak berlaku untukmu jika kamu menerapkan gaya hidup hemat dan memiliki perencanaan keuangan yang baik.

8. Hidup Lebih Bahagia

Dengan gaya hidup hemat, kamu akan merasakan hidup yang lebih bahagia. Hidup berkecukupan, punya tabungan utnuk masa depan, pengeluaran yang terkendali, dan sebagainya.

Kamu akan terhindar dari gaya hidup boros yang hanya memberikan kebahagiaan sementara dan menambah beban pikiran setelahnya.

Gaya hidup hemat akan menuntunmu menuju kebahagiaan yang berkesinambungan seiring berjalannya waktu.

9. Berkecukupan di Masa Depan

Pastinya, setiap orang ingin memiliki masa depan yang sejahtera. Hal tersebut bisa terwujud dengan menerapkan gaya hidup hemat sejak muda.

Sama halnya dengan skala prioritas, suatu saat kamu akan sadar pentingnya menabung setelah memahami apa yang harus didahulukan dalam menggunakan uang yang kamu miliki.

Seiring berjalannya waktu, tabunganmu akan terkumpul banyak dan bisa kamu rasakan hasilnya di masa yang akan datang.

Investasi jangka panjang juga akan memberikan kehidupan yang berkecukupan untukmu di masa depan.

Nah, itu dia beberapa dampak hidup hemat yang sangat besar manfaatnya. Manfaat tersebut bisa kamu rasakan di masa sekarang maupun di masa depan.

Sabrina
Sabrina
I love myself

Related Posts

Posting Komentar