5 Desain Kamar Minimalis Yang Bikin Betah

Posting Komentar

Hai, sahabat-sahabat mager ku. Setelah kurang lebih 2 tahun (saat tulisan ini dibuat) menjalani hidup dalam bayang-bayang virus corona alias covid-19, serta jarang ke luar rumah karena karantina, social distancing, PPKM dan apapun itu, pasti kita sudah terlatih untuk melakukan banyak hal di rumah.

Salah satu ruangan yang paling sering ditempati adalah kamar tidur, apalagi jika terdapat banyak fasilitas di dalam kamar tersebut seperti AC, TV, kasur yang nyaman, lemari, kamar mandi di dalam, dapur di dalam, dll. Maaf, itu kamar kost. hehe.

Entah dari zaman kapan, anak usia remaja sangat betah berada di kamarnya saat di rumah. Seolah semua aktivitas mereka bisa dilakukan di dalam kamar.

Kamar juga bisa menjadi tempat untuk melakukan hal-hal produktif seperti mengerjakan tugas, rekaman video untuk konten youtube, bermain game sambil menghasilkan uang, dan kegiatan produktif lainnya.

Karena hal tersebut, kamar harus didekorasi senyaman mungkin supaya kita betah dan tambah semangat untuk melakukan hal produktif. Salah satunya adalah dengan menerapkan konsep kamar minimalis.

Konsep Rumah Minimalis

Pada dasarnya, rumah minimalis (atau yang lebih dikenal sebagai rumah modern dalam dunia arsitektur) adalah rumah yang sesuai kebutuhan. Dengan kata lain, rumah minimalis menghilangkan dekorasi-dekorasi seperti ukiran, dan dekorasi lainnya yang banyak terdapat pada arsitektur klasik, begitu juga dengan furniture yang digunakan.

Furniture minimalis menghilangkan ukiran yang menjadi dekorasi furniture tersebut. Bentuknya juga dibuat sesederhana mungkin dan biasanya furniture minimalis memiliki banyak fungsi, lebih dari sekedar fungsi utamanya.

Hal tersebut menyesuaikan kebutuhan zaman sekarang, dimana orang-orang lebih banyak menghabiskan waktunya di luar rumah, sehingga rumah hanya menjadi tempat untuk beristirahat. Selain itu, padatnya pertumbuhan penduduk juga menjadi salah satu penyebab populernya konsep rumah minimalis ini. 

Namun setelah munculnya covid-19, orang-orang mulai menata kembali rumah mereka supaya tidak bosan di rumah. Walaupun aktivitas sudah kembali banyak dilakukan di luar rumah, tak ada salahnya untuk mendekorasinya kan?

Nah, kali ini kita akan melihat beberapa inspirasi desain kamar minimalis yang akan membuat kita betah. Dan, siapa tau dekorasi kamar tersebut bisa menunjang konten instagram atau youtube bagi yang ingin menghasilkan uang dari sosial media.

Inspirasi Desain Kamar Minimalis

Minimalis di sini bukan dilihat dari ruangan yang sempit atau perabot yang sedikit, namun lebih ke pengurangan dekorasi yang memakan tempat, serta penggunaan perabot/furniture multi fungsi.

1. Lemari baju berbentuk laci sekaligus tempat tidur

lemari baju sekaligus dipan/tempat tidur

Tanpa adanya lemari, tentunya kamar akan terasa lebih luas. Fungsi lemari tersebut digantikan oleh dipan yang memiliki banyak laci. Dipan adalah sebuah bangku panjang yang rendah, yang mirip dengan sofa, untuk duduk-duduk atau berbaring.

Kegunaan utama dipan tersebut sebagai tempat kasur, dan fungsi tambahannya yaitu untuk menyimpan baju.

2. Jendela kaca yang luas untuk memunculkan suasana yang lebih fresh

penggunaan jendela kaca yang luas

Dengan menggunakan jendela yang luas, suasana di dalam kamar akan menjadi lebih fresh sesuai dengan suasana di luar. Jendela yang luas ini juga akan memberikan pencahayaan yang baik ke dalam seluruh area kamar. Dengan banyaknya sinar matahari yang masuk, area di dalam kamar pun tidak lembab.

3. Gunakan laci sebagai tangga

gunakan laci sebagai tangga

Desain seperti ini akan memberikan ruang tambahan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam hal seperti tempat tidur tingkat, tempat khusus untuk belajar, dan sebagainya. Selain itu, tangga yang berupa laci tersebut bisa digunakan untuk menyimpan banyak benda.

4. Tempat tidur tingkat dengan ruang khusus di bawahnya

tempat tidur tingkat dengan ruang khusus di bawahnya

Berkebalikan dengan desain kamar sebelumnya, kali ini yang menjadi ruang tambahan ada di bagian bawah. ruang di bagian bawah ini bisa dimanfaatkan untuk meja komputer, studio youtube kecil-kecilan, dan sebagainya.

5. Kamar tidur lesehan

kamar tidur lesehan

Konsep kamar lesehan juga tidak kalah menarik. Desain kamar lesehan seperti ini sangat cocok untuk kaum rebahan. 

Demikian beberapa inspirasi mengenai dekorasi kamar minimalis, kalian bisa mengikuti dekorasi seperti gambar-gambar di atas atau menyusun dekorasi kalian sendiri. Buatlah kamar kalian senyaman mungkin, sesuai dengan selera kalian.

Sabrina
Sabrina
I love myself

Related Posts

Posting Komentar